Cara Scan Qrcode PeduliLindungi di Fasilitas Layanan Publik Yuk Simak Supaya Nggak Bingung

Ditulis oleh JUNITA SARI, SE. M.Si
🕔  November 5, 2021



chek in peduli lindungi 1.jpeg
Sei Rampah, Perlu diketahui sebelum memasuki fasilitas public di lokasi umum perlu melakukan checkin di aplikasi peduli lindungi. Hal ini sesuai dengan aturan pemerintah yang mewajibkan masyarakat untuk menggunakan aplikasi PeduliLindungi di lokasi umum. Di masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), aplikasi PeduliLindungi menjadi syarat untuk beraktivitas di luar rumah. Karena itulah, cara scan Qrcode PeduliLindungi di tempat umum jangan sampai salah.

Untuk mengetahui cara scan Qrcode PeduliLindungi di tempat umum, kami sudah merangkumnya. Mari ikuti langkah-langkah di bawah ini:

  1. Pastikan kamu sudah mempunyai aplikasi PeduliLindungi. Jika belum, kamu bisa mengunduhnya dari AppStore ataupun PlayStore
  2. Selanjutnya, login menggunakan email atau nomor telepon yang sudah didaftarkan
  3. Pada halaman depan, pilih menu 'Scan QR Code'
  4. Arahkan kamera ke QR code yang terpasang di pintu masuk layanan publik
  5. Cara scan Qrcode PeduliLindungi pun berhasil dilakukan. Selanjutnya, bakal muncul warna tertentu yang mengidentifikasi status Anda
 
Informasi selanjutnya selain cara scan Qrcode PeduliLindungi adalah kegunaan aplikasi PeduliLindungi. Sebagaimana diketahui, aplikasi PeduliLindungi dikembangkan untuk membantu pemerintah dalam melakukan pelacakan digital. Hal ini sejalan dengan upaya pemerintah dalam menghentikan penyebaran virus COVID-19.

Adapun kegunaan aplikasi PeduliLindungi yakni:
  1. Memberikan peringatan kepada pengguna, Pengguna PeduliLindungi akan mendapatkan notifikasi ketika berada di keramaian atau di kawasan zona merah. Pengguna juga akan mendapatkan peringatan jika di lokasi mereka berada terdapat orang yang terkonfirmasi positif COVID-19.
  2. Memberikan pengawasanDengan adanya informasi lokasi pengguna yang dibagikan saat bepergian akan memudahkan pemerintah mengawasi dan mendeteksi mobilitas orang-orang yang terkena COVID-19 selama 14 hari ke belakang.
  3. Mengunduh sertifikat vaksin, Manfaat selanjutnya yaitu bagi masyarakat yang sudah menerima vaksin COVID-19 bisa mengunduh sertifikat vaksin melalui aplikasi ini.
  4. Informasi hasil tes COVID-19, Kemudian, aplikasi ini juga terdapat fitur yang dapat menunjukkan hasil tes PCR atau swab antigen dari laboratorium yang terhubung dengan pemerintah
  5. Sebagai bukti untuk mengakses layanan publik, Lebih lanjut, aplikasi ini sangat berguna bagi petugas di tempat umum seperti di bandara, pusat perbelanjaan atau di tempat lainnya untuk mengetahui apakah seseorang sudah menjalani program vaksinasi atau belum, yakni dengan melalui fitur pindai QR Code kemudian akan tampil data vaksinasi Anda.
     

Komentar

Belum ada komentar

Posting comments after has been disabled.
http://dpmp2tsp.serdangbedagaikab.go.id/files/thumb/2fa9d798370317b/210/280/fit http://dpmp2tsp.serdangbedagaikab.go.id/files/thumb/3187f9dc1585628/210/280/fit

Daftar Download

Status Permohonan

Daftar Formulir

Daftar Permohonan

Permohonan Diterbitkan

Permohonan Belum Diambil